Senin, 31 Desember 2012

PS 3


PS3, console penerus dari dua pendahulunya, PS2 dan PS1


          PlayStation 3 (bahasa Jepang: プレイステーション 3, Pureisutēshon San, merek dagang: PLAYSTATION 3, disingkat  PS3) adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2. Konsol ini bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.
          PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 dirilis dengan 2 tipe, Basic dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di TGS (Tokyo Game Show) 2006.
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.
        
XMB, tampilan default XMB PS3

          PlayStation 3 menggunakan Cross Media Bar, atau disingkat XMB. Cross Media Bar adalah sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX (PlayStation 2 ditambah fitur ekstra seperti merekam acara televisi, bukan PlayStation, hanya dirilis di Jepang), PlayStation Portable, dan semua televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia)
Pada Cross Media Bar versi PlayStation 3, ada 8 kategori menu, yaitu:
  • Users (Pengguna)
  • Settings (Pengaturan)
  • Photo (Foto)
  • Music (Musik
  • Video (Video)
  • Game (permainan)
  • Network (Jaringan)
  • Friends (Teman) 
Kendati dinanti banyak penggemar PS 3. Sebelum launching PS3 menuai beberapa kontroversi dan kritik:
  • Kritik pertama adalah prototype kontroler berbentuk bumerang yang mendapat kecaman keras dari kritikus dan penggemar PlayStation. Hal ini langsung diperbaiki oleh Sony dengan mengganti desain kontroler PlayStation 3 menjadi nyaris identik dengan kontroler PlayStation 2.
  • Harga launching yang terlalu mahal. PlayStation 3 akan diluncurkan dalam dua versi, yaitu versi '60 GB' dan versi '20 GB'. Versi 60 GB akan diluncurkan di Eropa seharga 599 Euro (sekitar 690 US$), dan versi 20 GB diluncurkan seharga 499 Euro (sekitar 590 US$).
  • Konsol yang tidak bisa diupgrade. PlayStation 3 akan diluncurkan dalam 2 versi, yaitu versi '60 GB' dan '20 GB' (lihat di atas). Sony mengumumkan bahwa varian '20 GB' tidak bisa diupgrade menjadi '60 GB'.
  • 6-Way Movement Sensor (SIXAXIS). Sony mengumumkan di E3 2006, bahwa akan menambahkan fungsi pendeteksi gerakan di kontroller PlayStation 3. Hal ini dilihat oleh kritisi sebagai tindakan Sony dalam meniru kontroller Nintendo Wii yang sudah diumumkan setahun sebelumnya pada E3 2005.
  • Tidak adanya dukungan fungsi getar built-in. Karena Sony berencana untuk memasukkan Movement Sensor (lihat di atas), sedangkan ruang yang disediakan dalam kontroller terbatas, maka Sony mencabut fungsi getar pada kontroller PlayStation 3. 
       Playstation 3 terus bersaing dengan XBOX sampai saat ini, untuk meningkatkan penjualan, PS3 meluncurkan game eksklusif khusus untuk PS3, antara lain:

God of War



Infamous



Resistance



Killzone



Uncharted Series


Demikian info tentang PS3,ingin tau info konsol lainnya?Simak juga:


XBOX 360

WiiU

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More